Lupakan RD, Persib!

25 August 2011 BANDUNG - Perburuan Persib Bandung kepada Rahmad Darmawan seharusnya dihentikan. Sebab, konsentrasi pemain yang belakangan menjadi cemas karena belum juga menemukan titik terang pelatih. Pilihan untuk menjadikan pelatih yang akrab disapa RD itu sebaiknya disudahi untuk kemudian menilik alternatif pelatih lain.

Hal itu diungkapkan pengamat sepakbola Risnandar Soendoro. Ditemui, Rabu (24/8), Risnandar memahami keinginan manajemen Maung Bandung yang menginginkan jasa pelatih kelahiran Lampung tersebut.

“Mungkin pengurus inginnya menjadi juara dengan berusaha mendatangkan RD. Tapi saat ini dia kan sudah jelas untuk membidani tim nasional. jika masih ada pelatih yang karakternya sama dengan dia lebih baik diburu dari sekarang,” tutur Risnandar.

Pria yang juga pernah mengecap bermain sekaligus menjadi pelatih Persib ini mengingatkan manajemen agar tidak terlambat dalam melakukan persiapan. Apalagi para punggawa Persib dilanda kecemasan karena urung menemukan masa depan di klub. Sebab, tidak ideal bila tanpa keputusan pelatih untuk memutuskan siapa saja pemain yang dipertahankan atau dibuang.

“Jangan sampai RD sudah tidak bisa tapi akhirnya bingung untuk menetapkan siapa pelatih kepala. Apalagi, yang saya tahu calon lain yang disebut di berbagai media justru sudah mengikat kontrak dengan klub lain,” bebernya.

Hal serupa juga dialamatkan mantan pemain Persib lainnya, Adeng Hudaya. Adeng menyarankan agar Persib jangan dulu mengejar target juara musim depan. Jika dipaksakan, kata pemain yang berkostum biru di era 90-an, sangat tidak realistis mengingat jarak antara persiapan dengan digelarnya kompetisi sudah cukup dekat. Rencananya PSSI akan menggelar Liga Profesional mulai 8 Oktober mendatang.

“Lebih baik fokus dulu membenahi fasilitas untuk menunjang perkembangan tim. Kalau pun tidak juara, tapi bisa latihan di lapangan bagus," ucapnya. Mantan kapten Persib ini menyindir manajemen yang sibuk memburu pelatih namun kurang perhatian terhadap kondisi di lapangan yang diyakininya bisa menunjang penampilan Persib.

“Tidak realitis kalau hanya menuntut juara tapi aspek lainnya tidak diperhatikan. Seharusnya persiapan sudah dimulai dari sekarang,” terangnya. Lebih lanjut dia menyarankan, untuk posisi pelatih karena tidak dibebani target juara cukup dari kalangan lokal sendiri. "Kalau mau tunjuk saja Robby Darwis. Tetapi kalau dia tidak berhasil, harus bersedia turun. Kalaupun tidak, masih ada Herry Kiswanto atau Denny Syamsudin," pungkasnya.

Sumber: OkeZone
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger