"RD Boleh Ke Persib Tapi Jangan Terlalu Ambisius"

22 July 2011 BANDUNG – Sosok pelatih Rahmad Darmawan dinilai pantas untuk menahkodai Maung Bandung,dalam mengarungi kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2011/2012. Pelatih yang akrab disapa RD merupakan figur yang tepat jika manajemen Persib berniat mengoptimalkan pemain muda. Soal prestasi, baru bisa diraih jika Persib sedikit lebih bersabar.

Hal tersebut diungkapkan pemain Persib di era 90-an Yadi Mulyadi. Mantan punggawa Persib yang membawa gelar juara di era Perserikatan ini menuturkan, RD memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan sejumlah kandidat yang belakangan masuk dalam bursa calon pelatih.

“Kalau memang harus pelatih lokal yang jelas RD. Saya mengenal mengenal baik beliau. Tentu dia orang yang bijak, tegas, dan disiplin. Sebetulnya pun, pelatih musim lalu Daiel Roekito masih bagus. Menurut saya dia baru diberikan waktu setengah musim, dia bukan gagal,” terang Yadi ditemui di Bandung, Kamis (21/7).

Hanya saja, Yadi menyayangkan jika pada musim lalu Daniel Roekito tidak diberikan kewenangan dalam menentukan pemain. Apalagi, dia datang dalam kondisi posisi Persib terlempar di dasar klasemen. “Saya menyarankan, pelatih musim depan diberi kewenangan sepenuhnya pada pelatih dalam menentukan pemain. Jangan ada intervensi dari pengurus,” cetusnya.

Menurutnya, dalam memilih pemain, RD terbilang selektif. “Dia juga punya pemain yang diincar. Tahu percis pemain di Liga Indonesia,” terang lelaki yang pernah bekerja sama dengan RD pada masa pembuatan video klip Liga Dunhill.

Saat ini, RD yang dikaitkan akan melatih Eka Ramdani dkk musim depan juga akan memboyong gerbong beberapa pemain di tim yang pernah dia bawa ke papan atas musim lalu, Persija Jakarta.

Di antara nama-nama pemain tersebut yakni Greg Nwokolo, M Nasuha dan Toni Sucipto. Bahkan, asisten pelatih Satya Bagja konon akan dibawa Rahmad. “Tidak masalah jika dibawa bawa gerbong. Justru yang menarik, siapa pemain yang akan dibuang kan. Musim ini jangan terlalu banyak lah yang di buang. Pakai pemain lokal yang berpotensi,” jelasnya.

Yadi yang merasakan betul bagaimana kebangaan berkostum Persib. Menurut pengamatannya, Pangeran Biru membutuhkan pembinaan usia muda yang profesional dan mendapatkan perhatian khusus untuk regenerasi ke depan.

"Selama beberapa tahun ke belakang ini Target utama Persib selalu menargetkan jadi juara. Namun untuk menjadi juara itu bukanlah hal yang instan. Diperlukan perencanaan yang matang terlebih materi tim yang harus memiliki visi misi bermain yang sama dengan pelatih dan manajemen," jelasnya.

Pria yang kini aktif sebagai instruktur di Sekolah Sepakbola (SSB) Turangga menambahkan, Persib seharusnya dapat belajar dari musim lalu. “Buktinya, pemain instan yang didatangkan musim lalu tapi tidak nampak hasilnya,” tandasnya.

Sumber: OkeZone
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger