Maung Bandung Harus Progresif

29 July 2011 BANDUNG – Pengunguman pelatih Maung Bandung -julukan Persib- memang belum menemukan kejelasan. Pasalnya, manajemen masih fokus pada keputusan PSSI mengenai format kompetisi musim 2011/2012 yang rencananya akan diubah.
Apakah hal ini berimbas pada persiapan Persib musim depan?

Pengamat Risnandar Soendoro merespon, apa yang dilakukan Persib saat ini memang belum menunjukan progres yang amat menggebu. Dia melihat, ada sesuatu yang membuat Persib terbilang berhati-hati dalam menentukan pembentukan tim.

“Mungkin manajemen tidak mau tergesa-gesa dengan persiapan. Persib saat ini juga masih melihat perkembangan PSSI soal format liga. Artinya, masih melihat apa yang sedang berkembang,” ujar Risnandar.

Mantan pelatih Persib ini menduga, biarpun terkesan hati-hati, tapi apa yang sudah dilakukan manajemen sudah mempunyai langkah-langkah yang berdampak pada persiapan. Seperti rencana untuk mendatangkan pelatih Persija Jakarta Rahmad Darmawan. Pelatih yang akrab disapa RD memang tengah dibidik Maung Bandung.

“RD saat ini kan masih tarik ulur dengan timnas. Dia juga perlu dilobi oleh pengurus sekarang kalau memang serius untuk didatangkan. Tapi, saat ini diapun masih berkonsentrasi di timnas yang dituntut untuk berprestasi,” komentarnya mengenai RD. Dengan demikian, peluang untuk mendatangkan RD terbilang masih cukup terganjal persoalan tanggungjawab.

Kendati demikian, Risnandar yakin dan tanpa ragu jika RD akan menjadi nahkoda musim depan. Sebab menurutnya, punggawa Persib tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dipadukan bersama pelatih yang baru.

“Persib kan masih terisi pemain lama. Tidak usah terlalu khawatir jika ada pelatih baru kemudian menjadi tidak kompak. Kalau mengacu pada tahun lalu masih ada kok tim yang mempersiapkan diri lebih awal tapi hasilnya biasa-biasa saja. Kuncinya tetap ada pada “kokinya” Persib,” jelasnya.

Pria yang pernah mengecap sebagai pemain terbaik Persib ini mengingatkan agar jangan sampai kekhawatiran membuat kacau persiapan tim. “Klub lain saya yakin belum melakukan persiapan. Kalaupun ada masih sekadar lobi. Jangan sampai terpengaruh dengan tim-tim lain,” terangnya lagi.

Namun, di sisi lain pemain yang sudah dikatakan profesional tidak terlalu santai dengan kondisi saat ini. “Pemain kan sudah profesional. Pasti sudah mengetrti dengan keadaan sekarang,” tuturnya lagi.

Hingga saat ini buruan Persib masih belum menuai titik terang. Hanya saja spekulasi untuk mendatangkan pemain handal juga masih wacana. Beberapa nama yang diburu diantaranya Hamka Hamzah, Greg Nwokolo dan Toni Sucipto.

Hal serupa juga diungkapkan mantan pemain lainnya Yadi Mulyadi. Pemain Persib di era 90-an pernah melontarkan, bahwa Persib sama sekali tidak perlu memusingkan kompetisi akan bergulir atau tidak.

“Setelah Kongreslub PSSI juga ada kekhawatiran seperti itu. Tapi, kompetisi pasti ada. Hanya saja, persiapan jangan sampai terlambat,” kata pemain yang sempat mengantarkan Persib juara di era perserikatan itu.

Hanya saja, Yadi menyarankan agar pelatih musim depan jangan hanya dibebankan target. Sebab target tidak ada hubungannya dengan situasi yang terjadi pada Persib. Justru, apa yang kurang terlihat di musim lalu, Yadi menambahkan, pelatih harus memerhatikan pemain muda lokal yang berpotensi menjadi pemain hebat.

“Saya menyarankan pelatih musim depan diberikan wewenang penuh dalam memilih pemain. Tapi secara khusus diberikan perhatian kepada pemain binaan sendiri yang berpotensi,” pungkasnya.

Sumber: OkeZone
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger