Persib Sudah Kantongi "Lima Besar"

20 April 2011
BANDUNG – Persib Bandung hampir dipastikan gagal meraih posisi lima besar. Selain faktor kekalahan atas PSPS Pekanbaru 1-0, jumlah pertandingan Persib yang lebih banyak sangat mungkin disusul klub lain yang mulai menapaki tren positif.

Maung Bandung – julukan Persib – tercecer di posisi ke-9 klasemen sementara Indonesia Super League (ISL). Satu tingkat di atas yakni Persela Lamongan berpeluang meninggalkan Persib karena unggul tiga pertandingan.

Dari 20 kali melakoni laga, Laskar Joko Tingkir – julukan Persela – sukses mendulang 29 angka kemenangan. Apalagi tim asal Jawa Timur ini tidak pernah kalah dalam enam laga terakhir. Praktis, dengan menyisakan empat partai kandang dan empat kali away, langkah Persela menjauh dari papan tengah sangat memungkinkan.

Tim yang baru menekuk Eka Ramdani dan kawan-kawan, PSPS Pekanbaru, juga sangat berpeluang untuk menyusul. Dari 19 kali bermain, Asykar Bertuah – julukan PSPS – telah mengoleksi 24 biji. Meski berada satu tingkat di bawah Persib atau berada di peringkat ke-10, tim besutan Abdul Rahman Gurning ini menyisakan lima partai kandang dan empat kali ke luar Stadion Kaharudin Nasution.

Bahkan klub lain yang masih bisa menjaga jarak dengan Persib yakni Pelita Jaya, dengan raihan poin yang sama dengan PSPS, bisa saja menjungkirkan posisi Maung Bandung. Tiga partai kandang masih bisa dimanfaatkan tim besutan Misha Radovic. Tapi, bukan berarti tim asal Jawa Barat ini akan mudah untuk menaklukan Arema FC, Semen Padang, dan Persiba Balikpapan di kandang sendiri.

Sedangkan untuk laga away, Safee Sali cs harus bertemu tim tangguh yakni PSPS, Persija, Persipuran dan Persiwa. Lalu bagaimana dengan tim besutan Daniel Roekito untuk meraih lima besar klasemen Indonesia Super League (ISL)? Seperti diketahui, 10 kekalahan di musim ini sudah terbilang sulit untuk menembus papan atas yang sedang bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik.

Ironi yang lebih tepat bagi Maung Bandung terletak pada jumlah kekalahan saat tim bertabur pemain bintang. Ya, Persib pun masuk dalam “lima besar” tim yang menderita kekalahan, bukan lima besar papan atas. Tempat pertama diduduki Bontang FC yang 15 kali kalah dari 21 pertandingan.

Selanjutnya ada Persijap Jepara yang dalam 23 pertandingan kalah sebanyak 13 kali. Di tempat ke tiga dan ke empat ditempati Deltras dan Pelita Jaya. Dua tim ini dibekap 12 kalah. Dan tentunya, Persib Bandung yang pada tiga musim terakhir mampu “menggoyang” papan atas berada di urutan kelima.

Kendati begitu, “melempar handuk” jelang berakhirnya kompetisi ISL memang bukan hal yang tepat. Tiga laga kandang, termasuk saat menjamu Sriwijaya FC Jumat (22/4) nanti akan membantu memperbaiki Persib di saat persaingan papan atas yang kian ketat. Sedangkan dua laga tandang tidak mungkin untuk mundur.

Menilai prestasi yang diraih Persib di musim ini memang tidak bisa banyak bicara di pentas tertinggi kompetisi sepak bola nasional. Agus Atha, mantan pemain Persib di era 80-an hingga 90-an menyayangkan pencapaian Pangeran Biru yang bertolak belakang dengan materi melimpah dan kelayakan yang diterima para pemain.

Atha menyebutkan, tim Persib sekarang ini jangan hanya menjual apa yang menjadi kebanggan warga Bandung. Menurutnya, masa depan Persib bisa lebih cerah jika pemain maupun perangkat tim lainnya mau memahami makna profesionalitas.

“Saya pernah di bayar Rp.1000 untuk sekali latihan saja. Jumlah tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan apa yang diraih pemain Persib sekarang ini. Itupun, kalau di kurs saat ini hanya berkisar Rp 10.000 sampai 20.000 saja,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Mantan pelatih kiper Persib U-18 dan Persiba Bantul ini mengingatkan, agar pasukan Daniel Roekito mampu menunjukan kualitas di saat klub sudah semakin dinamis. “Buktikan kualitas olahbola yang sebenarnya di tengah lapangan. Tunjukan performa, jangan hanya unggul fisiknya saja," tegas pemain yang mencicipi indahnya kebersamaan saat membela Persib di era 80-an.

Agus mengharapkan, untuk memuncaki prestasi di musim ini sudah sirna. Sisa dari laga musim ini, kata Agus, harus dimanfaatkan dengan meraih kemenangan.
Sumber: OkeZone
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger