Maksimalkan Bola Mati

25 April 2011 BLK. FACTORY,(GM)-
Memiliki kelebihan di bola-bola mati, Persib Bandung diharapkan bisa lebih memanfaatkan momentum tersebut. Untuk itu, gelandang dan penyerang Persib harus lebih diasah lagi dalam penyelesaian akhirnya.

"Di beberapa laga terakhir, Persib selalu bisa memanfaatkan bola mati menjadi gol. Namun beberapa kali kesempatan acap kali gagal dimanfaatkan menjadi gol. Untuk itu, penyelesaian akhir dari bola-bola mati harus terus diasah," kata mantan pemain Persib Bandung, Bambang Sukowiyono kepada "GM", Minggu (24/4).

Namun Sukowiyono mengingatkan, bola mati yang diperoleh melalui pelanggaran pemain lawan akan sulit diperoleh jika Persib bermain tandang. Oleh karenanya, Persib harus bisa menciptakan momentum bola mati. Para penyerang dan gelandang harus lebih berani menguasai bola di daerah sekitar kotak penalti lawan. Hal ini yang acap kali tidak dilakukan Persib saat bermain tandang.

"Kesempatan untuk dilanggar pemain lawan cukup besar jika para pemain Persib berani menguasai bola. Jika pun tidak dilanggar, maka pemain Persib harus berani mengambil tindakan untuk menciptakan gol," terang Sukowiyono.

Seperti diketahui, sejak diperkuat oleh Miljan Radovic di putaran II ini, sebagian besar gol Persib yang tercipta diawali dari bola mati. Saat Persib menang telak 4-1 atas Persisam Samarinda, nyaris semua gol berawal dari bola mati. Termasuk saat Persib unggul 1-0 atas Sriwijaya FC, Jumat (22/4) lalu. Satu gol yang diciptakan Hilton Moreira berawal dari umpan tendangan bebas Radovic.

"Kalau Persib sulit untuk menciptakan gol melalui proses kaki ke kaki, gol dari bola mati pun tidak masalah. Karena yang terpenting Persib bisa menciptakan gol untuk meraih poin," ujar Sukowiyono.

Kendati demikian, Sukowiyono mengingatkan, lini pertahanan Persib juga tetap harus diperhatikan. Karena dalam beberapa kesempatan, lini belakang masih menjadi kelemahan Persib. Dan hal itu sering dimanfaatkan lawan untuk mencetak gol.

"Jangan sampai kita sibuk memikirkan mencari peluang, tetapi lini belakang menjadi lengah. Ini yang harus diperhatikan oleh Persib," tukasnya. (B.98)**

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger