Persib Kembali ke 3-5-2

28 February 2011 STD. SILIWANGI,(GM)-
Untuk memperbaiki kinerja skuadnya di putaran II Liga Super Indonesia (LS)) 2010-2011 mendatang, pelatih Persib Bandung, Daniel Roekito akhirnya kembali akan menggunakan skema 3-5-2. Pola ini sebenarnya telah ditinggalkan Daniel sejak lama. Bahkan sejak bergabung dengan Persib di pertengahan putaran I, Daniel tetap dengan kebiasaannya menggunakan sekema 3-4-3.

Pola 3-5-2 sebenarnya telah digunakan Persib sejak ditangani pelatih Jaya Hartono beberapa musim lalu. Menurut Daniel, keputusan tersebut diambil setelah dirinya melakukan diskusi dengan sejumlah pemain seperti Eka Ramdani dan Maman Abdurahman. Para pemain ternyata lebih menyukai pola 3-5-2.

"Karena kalau saya paksakan juga tidak bisa. Menurut pemain lebih suka menggunakan 3-5-2 dan hasilnya bagus, ya sudah kita gunakan itu," jelas Daniel usai memimpin latihan di Stadion Siliwangi, Minggu (27/2).

Diungkapkan Daniel, perubahan ini memang lebih dikarenakan faktor kebiasaan Persib. Pola 3-5-2 sudah mapan bagi Persib sehingga tidak perlu waktu lama lagi untuk menyesuaikannya.

"Kita tidak perlu adaptasi lagi. Ini juga sebenarnya sudah digunakan di beberapa tim sebelumnya," terang mantan pelatih Persik Kediri ini.

Namun Daniel mengingatkan, antara skema 3-5-2 dengan pola yang lain sebenarnya tidak jauh berbeda. Pada pelaksanaannya pun penggunaan pola tetap akan menyesuaikan kebutuhan tim. Sehingga mungkin akan berubah menjadi pola yang lain. "Mungkin akan menjadi 3-6-1, 3-4-3 atau lainnya," ujarnya.

Pada latihan sore ini, Daniel memang lebih banyak memberi materi latihan simulasi permainan dengan pola 3-5-2. Beberapa kali ia mengulang-ulang permainan yang diinginkannya.

"Mulai besok kita sudah akan mengurangi latihan fisik dan akan memfokuskan pada taktik. Karena pertandingan berikutnya memang sudah dekat," tuturnya.

Selain pembenahan taktik, Daniel juga melihat mental para pemain dalam latihan sudah mulai membaik. Ia mengaku senang karena suasana internal Persib terasa berbeda. Hadirnya dua pemain baru pun tidak mengganggu tim. Bahkan tim lebih termotivasi. Kenyamanan di dalam tim pun sudah sangat kondusif.

Adaptasi

Selain kondusif, Daniel pun mengungkapkan dua pemain asing baru milik Persib sudah mulai beradaptasi dengan rekan lainnya. Shohei Matsunaga (Jepang) dan Miljan Radovic (Montenegro) mulai mencair dengan tim. "Tidak ada hambatan dengan keduanya. Mereka mengerti apa yang diinstruksikan," katanya.

Menurutnya, kedua pemain tersebut profesional dan memiliki pengalaman yang cukup panjang. Sehingga bahasa bukanlah kendala bagi dirinya dan keduanya. "Saya tanya, understand? Yes understand," katanya.

Setelah sempat absen, Matsunaga telah kembali bergabung dengan rekan-rekan lainnya pada latihan kemarin. Menurut dokter Persib Bandung, Raffi Gani, sakit akibat gigitan nyamuk yang dialami Matsunaga tidak terlalu dikhawatirnya. "Tidak masalah. Mungkin karena belum terbiasa dengan gigitan nyamuk dan digaruk olehnya sehingga sedikit luka," ujarnya. (B.98)**

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger