PERSIB HARUS BENAHI MENTAL

30 December 2010

PEMAIN YANG ADA DI TIMNAS MENDAPAT JATAH CUTI

PEMAIN Persib melakukan pemanasan dengan mengitari lapangan futsal pada sesi latihan di lapangan futsal Soccer Coop, Jln. Kiaracondong Bandung, Rabu (29/12). Menghadapi padatnya jadwal pertandingan Januari hingga Februari 2011 nanti, Persib Bandung membutuhkan penguatan mental pemain. * M. GELORA SAPTA/"PR"

BANDUNG, (PR).-
Menghadapi padatnya jadwal pertandingan Januari hingga Februari 2011 nanti, Persib Bandung membutuhkan penguatan mental pemain. Pasalnya, dalam masalah fisik Atep dkk. dinilai sudah tidak bermasalah. Mereka mampu melakoni sembilan laga mulai 12 Januari ketika melawan Sriwijaya FC hingga 23 Februari melawan Persijap Jepara. Demikian dikatakan oleh Pelatih Persib Daniel Roekito, usai latihan di Lapangan Indoor Futsal Soccer Coop, Jln. Ibrahim Adji (Kiaracondong), Bandung, Rabu (29/12).

Menurut dia, anatomi fisik pemain untuk menghadapi padatnya agenda pertandingan sudah siap. "Sebenarnya, tidak susah menghadapi pertandingan padat seperti ini. Di Inggris misalnya, dalam seminggu tim harus melakoni tiga pertandingan. Fisik enggak pengaruh, cuma mental di sini yang harus mendapatkan perhatian lebih. Yang kedua, untuk mengatasi hal tersebut, kita upayakan rotasi tanpa mengurangi kekuatan tim," katanya.

Daniel mengatakan, dengan perubahan jadwal tersebut ia menyusun perhitungan baru, termasuk dengan tiga laga kandang yang akan dihadapi anak asuhnya pada awal lanjutan kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2010-2011. Saat itu, Persib akan langsung bertandang ke Palembang (12 Januari), Bontang (16 Januari), dan Persisam Samarinda (20 Januari).

Semula, Persib dijadwalkan melakoni laga tandang kemudian disusul oleh laga kandang menjamu Persibo Bojonegoro dan Persijap. "Saya harus mempersiapkan pemain, dengan melakukan rotasi dengan menurunkan pemain muda," ujarnya.

Ia mengatakan, perubahan jadwal tersebut mengacaukan program yang telah ia susun selama ini menjelang menghadapi pertandingan, yang sebelumnya terjadwal pada 2 Januari. Daniel mengakui, perubahan program tersebut membuat ia kewalahan.

"Maka dari itu selama program baru belum saya tentukan, latihan akan tetap dilaksanakan di lapangan futsal ini hingga besok (Kamis (30/12)) sambil menunggu program baru. Seharusnya minggu ini kita memasuki minggu ringan, tetapi dengan adanya perubahan menjadi kacau," katanya.

Dengan demikian, Daniel harus kembali memberikan sentuhan latihan fisik kembali, untuk mempersiapkan pertandingan 12 Januari nanti. Mengenai rencana uji coba, Daniel tidak akan menggelar hal tersebut dikarenakan Persib sulit mencari lawan.

"Ya lihat saja nanti 3 Januari saya akan ada rencana. Saat itu, pemain timnas sudah bergabung. Pokoknya persiapan yang akan kami lakukan hingga pertandingan nanti cuma memanjangkan pemantapan. Sekarang pemain sudah mulai pulih dari cedera, paling tinggal peragaan pemain saja," katanya.

Daniel menjelaskan, terkait dengan perubahan jadwal jangan terlalu memikirkan hal tersebut. "Enggak usah mikir kacau, itu urusan organisasi. Memang kalang- kabut. Yang jelas program sangat berubah. Ini konsekeunsi, tim kapan pun siap tanding," ujarnya.

Sementara itu, Manajer Persib Umuh Muchtar yang saat itu mendampingi Daniel mengatakan, perubahan jadwal itu cukup mengganggu persiapan tim yang sudah matang.

Pemain Timnas cuti

Perubahan jadwal pertandingan awal Persib pada Januari nanti, pada dasarnya diberikan PT Liga Indonesia untuk memberikan recovery terhadap pemain timnas. Dengan demikian, manajemen dan pelatih Persib sepakat memberikan jatah cuti terhadap empat pilar mereka yaitu Markus Haris Maulana, Maman Abdurahman, Eka Ramdani, dan Cristian Gonzales.

"Timnas kelelahan, jadi kami memberikan kesempatan cuti sampai 2 Januari. Sebenarnya, kalau menjadi main tanggal dua, mereka tidak akan saya kasih cuti," katanya.(A-183)***

Sumber: PR

By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger