Maman: Kalah di Sektor Tengah

30 October 2010 JAKARTA, TRIBUN - Kekalahan telak dari Persija membuat pemain kecewa. Tak terkecuali kapten tim Persib, Maman Abdurahman. Bek timnas Indonesia ini mengatakan faktor penyebab kekalahan Persib adalah kalah di sektor gelandang.

Menurut Maman, lini tengah Persib kurang rapat dalam bermain sehingga memudahkan gelandang Persija melakukan tendangan langsung ke gawang atau umpan-umpan terobosan ke jantung pertahanan Persib.

"Gelandang Persija begitu mendominasi permainan. Sementara kita kurang bisa mengimbangi permainan mereka sehingga serangan lebih didominasi oleh mereka," kata Maman, seusai pertandingan.

Menurut Maman, tidak ada keseimbangan dari para pemain tengah dalam bertahan dan menyerang sehingga terjadi kekosongan di lini tengah Persib, terutama saat diserang oleh tim lawan. "Gelandang kita kurang maksimal dalam mengover setiap serangan dari lawan sehingga bola bisa mudah di alirkan ke dalam kotak penalti," jelas Maman.

Seharusnya, kata Maman, pemain tengah bisa membantu lini pertahanan ketika ditekan lawan, minimal menutup pergerakan gelandang lawan ketika memasuki daerah pertahanan Persib. "Secara keseluruhan Persija bermain cukup baik dibandingkan Persib, terutama di babak kedua," kata Maman.

Dijelaskan Maman, sebenarnya permainan berjalan seimbang pada babak pertama. Persib bisa keluar dari tekanan Persija dan beberapa kali membahayakan gawang lawan. "Organisasi permaian kita di babak pertama cukup baik. Namun memasuki babak kedua organisasi permainan kita pecah. Sementara Persija bermain semakin baik. Mereka terus berlari dan menekan lini pertahanan kita secara terus menerus," kata Maman.

Meskipun diganjar kekalahan telak, Maman berharap kondisi psikis pemain sudah bisa pulih sebelum bertandang ke kandang PSPS Pekanbaru. Menurut Maman, jangan sampai kekalahan dari Persija membuat permainan Persib jadi lebih buruk di Pekanbaru nanti.

"Kita masih harus bertanding lagi. Seluruh pemain harus segera fokus ke pertandingan selanjutnya dan harus bisa bermain lebih baik lagi," tegas Maman. (tor/tis)

Sumber: Tribun
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger