KEKUATAN PERSIB TAK BERKURANG

29 October 2010

MAMAN ABDURAHMAN SIAP MENJADI KAPTEN TIM

PENYERANG Persib Bandung Pablo Frances (kanan) dibayangi libero Yudi Choerudin saat sesi latihan di Lapangan UPI Jln. Setiabudhi Bandung, Kamis (28/10).* M. GELORA SAPTA/"PR"

BANDUNG, (PR).-
Absennya Eka Ramdani dan Baihakki bin Khaizan, tidak membuat kekuatan tim Persib berkurang saat menghadapi Persija Jakarta, Sabtu (30/10). Persib masih memiliki stok pemain yang kualitasnya bagus. Demikian diungkapkan Asisten Pelatih Persib, Robby Darwis yang ditemui seusai sesi latihan sore di Lapangan Sepak Bola Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kamis (28/10).

Menurut dia, komposisi pemain sepeninggalan Eka mengalami pergeseran. Pada lini tengah Shahril Ishak mendampingi Hariono, menggantikan posisi Eka, sedangkan Jejen Zaenal Abidin menempati sayap kanan. Sementara itu, posisi Baihakki digantikan Gilang Angga Kusuma. "Dengan kekuatan yang ada saat ini, pemain harus berusaha maksimal bisa menebus kekalahan di Bandung kemarin (ketika melawan PSM-red.)," ucap Robby.

Pada sesi latihan, jajaran pelatih saat itu sudah mulai menurunkan kerangka tim untuk menghadapi Persija. Tim inti ditandai mengenakan rompi merah. Jajaran pertahanan dari bek kiri ditempati Wildansyah, stopper Maman Abdurahman dan Nova Arianto, serta Gilang Angga pada bek kanan. Pada lini tengah, Atep tetap pada posisinya sayap kiri, diikuti Hariono, Shahril, dan Jejen di sayap kanan. Sementara itu, dua striker asing Pablo Frances dan Cristian Gonzales masih kokoh pada garis terdepan.

Untuk posisi kiper, Markus Haris Maulana tampaknya belum tergantikan meski pada sesi game internal petang itu, Dadang Sudrajat diplot sebagai kiper tim inti yang diturunkan. Setelah separuh permainan, Markus menggantikan Dadang.

Pada laga kelima Persib tersebut, Robby menginstruksikan pemain untuk mengerahkan tenaganya dan menampilkan permainan terbaik mereka. "Yang pasti pemain saat ini difokuskan saja untuk melawan Persija. Pemain diforsir pada saat melawan Persija nanti," kata Robby.

Sementara itu, Pelatih Persib Jovo Cuckovic mengaku cukup puas dengan latihan yang dilakukan sore itu. Dia mengatakan, pemain mengikuti dan melakukan instruksinya dengan baik. "Hari ini blocking mereka bagus, taktik penyerangan juga berjalan dengan baik. Motivasi mereka kian membaik menjelang pertandingan Sabtu (30/10) nanti," katanya.

Selama latihan pascalaga kontra PSM, Jovo memang memfokuskan untuk terus meningkatkan motivasi pemain. Dan hal tersebut, menurut Jovo berjalan dengan sangat baik, bahkan pelatih berkebangsaan Serbia itu menuturkan, dengan motivasi yang terus membaik seperti itu, dirinya yakin bisa mendapatkan tiga poin di Jakarta.

Kapten tim Eka tengah menjalani pemeriksaan MRI (magnetic resonance imaging) di salah satu rumah sakit swasta di Bandung, Kamis (28/10) sore. Eka didampingi oleh dokter tim, dr. Mohamad Rafi Ghani. Menurut Rafi, hasil pemeriksaan tersebut akan diungkapakan ahli MRI rumah sakit tempat Eka menjalani pemeriksaan dua atau tiga hari mendatang.

Siap jadi kapten

Pemain belakang Persib Maman Abdurahman mengaku siap jika memang dirinya ditunjuk untuk menjadi kapten menggantikan Eka pada dua pertandingan tandang Persib melawan Persija dan PSPS. Hal tersebut diutarakannya menanggapi akan absennya kapten Persib Eka pada dua pertandingan tersebut karena tengah dibekap cedera hamstring.

"Ya sebenarnya kalau ada yang lebih baik dari saya, maksudnya lebih senior dan bisa memimpin di lapangan itu lebih baik. Namun, kalau misalnya memang ditunjuk, bagi saya enggak masalah dan bukan sebuah beban," katanya ketika ditemui seusai latihan.

Maman merupakan pemain yang dipercaya Eka untuk menggunakan ban kapten ketika di tengah pertandingan Eka terpaksa harus keluar lapangan dan digantikan pemain lainnya. Seperti pada pertandingan Persib melawan Persiba dan PSM Makassar beberapa waktu lalu.

Menurut Maman, siapa pun yang nanti menjadi kapten saat pertandingan, perlu fokus untuk bisa menjaga komunikasi tim tetap terjaga. (A-183/A-197)***

Sumber: PR

By: BP

1 comments:

Anonymous said...

kalau hanya ada supporter jack mania doang...Persib jangan ngeper..tapi anggap mereka sedang mendukung Persib...go Persib...!

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger