PT Liga Rencanakan Pertandingan Malam Hari di 2012

31 August 2010 REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Liga Indonesia berencana membuat perubahan dalam kompetisi Liga Super Indonesia. Nantinya, pertandingan sepak bola Liga Super Indonesia (LSI) digelar pada malam hari. Namun perubahan ini tidak akan dilakukan pada musim 2010/2011.

"Wacana pertandingan malam hari ini mungkin akan kami terapkan pada tahun 2012," kata Joko Driyono, CEO Liga, Selasa (31/8).

Wacana ini tidak muncul begitu saja. Aspek teknis dan komersial menjadi dasar keinginan Liga menggelar laga di malam hari tersebut.

Dari sisi teknis, kata Joko, pertandingan malam menjanjikan kualitas lebih baik ketimbang sore hari. Sebab pemain tidak harus melawan teriknya matahari di sore hari.

Dari sisi komersial, pertandingan malam hari bisa membidik segmen penonton lebih luas. Para pekerja atau pelajar yang baru pulang di sore hari bisa datang ke stadion menyaksikan pertandingan.

"Untuk kota besar seperti Jakarta, pertandingan malam hari bisa menghindari kemacetan parah dibandingkan pertandingan sore," kata Joko.

Menurut Joko, pertandingan sepak bola di malam hari sudah banyak dilakukan negara-negara anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Padahal AFC tidak memberlakukan aturan bagi negara anggotanya untuk hal tersebut. "Ini tren yang baik di sepak bola Asia. Mudah-mudahan kita juga bisa melakukannya," kata Joko.

Meski menjanjikan tambahan keuntungan, klub juga dipastikan akan mengeluarkan biaya tambahan terutama untuk penerangan stadion. Tarif sewa Stadion Utama Gelora Bung Karno misalnya mencapai Rp 165 juta untuk sekali pertandingan. Tarif tersebut untuk sewa pagi hingga sore tanpa penggunaan lampu stadion. Jika sewa malam hari, maka tarifnya bertambah sekitar 35 juta.

Liga rencananya akan merilis jadwal pertandingan kompetisi LSI musim 2010/2011, Rabu (1/8) ini.

Sumber: Republika
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger