Debut Darko Sukses

31 August 2010

PALEMBANG, TRIBUN - Pelatih anyar Persib, Daniel Darko Janackovic, akhirnya sukses melewati ujian pertamanya melatih Persib setelah berhasil membawa tim kebanggaan warga Jawa Barat ini mengalahkan Persiba Balikpapan dengan skor tipis 3-2, di turnamen Inter Island Cup 2010, Senin (30/8) malam.

Lima gol yang tercipta di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang tersebut, dua di antaranya lahir berkat gol bunuh diri dari pemain belakang kedua tim. Libero Persiba, Mijo Dadic melakukan gol bunuh diri menit 52, sedangkan stoper Persib, Yudi Khoerudin, melakukan hal yang sama menit 69.

Dua gol Persib lainnya dicetak lewat sundulan Cristian Gonzalez menit 57 dan tendangan jarak jauh striker pengganti, Rahmat Affandi menit 78. Sementara gol lawan dicetak oleh Asmi Akbar menit 49 lewat sundulan kepala.

Dengan kemenangan ini, setidaknya keraguan bobotoh terhadap kepelatihan Darko sedikit terhapus. Selama satu bulan menangani Persib Darko melakukan beberapa hal kontoversi yang membuat bobotoh geram sehingga melakukan demo tuntutan mundur dari kusi pelatih, beberapa waktu lalu.

Kontroversi yang dimaksud yaitu mendatangkan pemain-pemain yang tidak jelas kualitasnya. Sementara pemain-pemain berkualitas yang disodorkan manajemen semuanya ditolak mentah-mentah. Kasus teranyar adalah dipulangkannya Abanda Herman yang dinilai Darko kurang cocok dengan permainan Persib.

Di pertandingan perdana Inter Island Cup 2010 semalam, Darko memberikan bukti konkret kepada bobotoh bahwa dirinya berhasil meramu Persib menjadi sebuah "rasa baru". Benar saja, permainan Persib lebih hidup, lebih variatif dan lebih menyerang, jauh dari skema permainan pelatih-pelatih sebelumnya. Darko pun cukup berani menerapkan strategi baru 4-4-2 yang cukup asing bagi Persib. Apalagi formasi tersebut belum pernah diuji cobakan dalam sebuah pertandingan uji coba.

Jalannya pertandingan babak pertama agak lamban. Persiba lebih menunggu Persib masuk ke daerah pertahanannya dan melakukan beberapa kai serangan balik. Menit keenam, Aldo Baretto lepas dari jebakan offside tapi tendangannya melebar padahal posisinya tak terkawal di dalam kotak penalti.

Menit 12, Aldo kembali lolos dari jebakan offside tendangan kerasnya di dalam kotak penalti berhasil diblok Cecep, bola liar ditendang Sutan Samma tapi masih kena mistar gawang. Menit 43, peluang emas Persiba nyaris berbuah gol. Sutan yang lepas di sisi kanan pertahanan lawan mengirimkan umpan lambung ke mulut gawang tapi berhasil dipotong Isnan Ali. Bola meluncur ke arah gawang, namun berhasil diselamatkan oleh Cecep.

Persib sendiri hanya mendapatkan dua peluang emas di babak pertama. Menit 31, tendangan bebas Esteban dari sisi kanan pertahanan Persiba melengkung ke arah gawang tapi masih berhasil diblok kiper lawan, I Made Wirawan.

Menit 40, kerjasama Airlangga dan Pablo Frances nyaris membuahkan gol. Airlangga yang bebas di sisi kiri mengirim umpan lambung ke dalam kotak penalti, dengan sekali tahan dada Pablo melepaskan tendangan tapi masih berhasil diblok pemain belakang lawan.

Masuknya Jejen Zaenal di awal babak kedua, mampu menambah daya gedor Persib. Jejen masuk menggantikan Airlangga di posisi sayap kanan.

Persiba berhasil membuka kebuntuan lewat Asmi Akbar menit 49. Dia berhasil mencetak gol setelah menerima umpan tendangan bebas dari Kim Yeon Hee. Asmi dengan bebas menyundul bola ke arah gawang tanpa bisa diantisipasi oleh Cecep.

Menit 52, Persib berhasil menyamakan skor setelah Mijo Dadic melakukan gol bunuh diri. Jejen yang awalnya mengirimkan umpan crosing ke mulut gawang ke arah Gonzalez. Di sana Mijo Dadic berupaya memotong bola, namun bola malah meluncur ke gawangnya sendiri tanpa bisa diselamatkan oleh I Made Wirawan.

Menit 56, ada insiden "head butt zidane" dilakukan oleh mantan pemain Persib, Erik Setiawan kepada Hariono. Aksi wing bek kanan Persiba yang tak terpuji tersebut dampak dari protes Hariono yang merasa dikasari oleh Erik lewat takling kerasnya. Wasit Jimmy Napitupulu akhirnya mengganjar Erik dengan kartu kuning dan hadiah tendangan bebas untuk Persib.


Tendangan bebas tersebut berhasil berbuah gol kedua untuk Persib. Gonzales berhasil mencetak gol lewat sundulan setelah menerima umpan tendangan bebas dari Esteban Vizcarra dari sisi kiri pertahanan lawan.

Menit 58, Persiba nyaris menyamakan skor lewat serangan balik. Eki Nurhakim berhasil menyerobot bola liar hasil tendangan Sultan tapi tendangannya berhasil ditahan Cecep yang harus bersusah payah menyelamatkan bola.

Menit 69, Yudi Khoerudin melakukan gol bunuh diri. Dia bermaksud memotong umpan terobosan dari Kim di sisi kanan pertahanan Persib yang mengarah ke mulut gawang. Maksud hati membuang bola tapi justru bola malah masuk ke gawang sendiri.

Menit 73, Rahmat Afandi masuk menggantikan Siswanto dan Gilang Angga masuk menggantikan Wildansyah. Menit 75, Rusdiansyah kartu kuning mengganjal Pablo Frances.

Baru bermain 5 menit, Rahmat Affandi tampil sebagai pahlawan kemenangan Persib setelah tendangannya menit 78 dari luar kotak penalti berhasil menembus gawang lawan. Gol diawali kerja sama apik Esteban Vizcarra yang mengirim umpan lambung kepada Gonzalez di dalam kotak penalti. Dengan sekali tahan dada, Gonzalez menyodorkan umpan ke luar kotak penalti di mana sudah siap menendang bola Rahmat Affandi yang berhasil mengkonversinya menjadi gol ketiga Persib.

Sumber: Tribun

By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger