KOSIN KEMBALI KE THAILAND

22 February 2010

PULUHAN BOBOTOH IRINGI KEPULANGANNYA

SEJUMLAH bobotoh berusaha menyalami dan mengambil foto kiper Persib Bandung Sintaweechai "Kosin" Hathairattanakool di dalam mobil sesaat sebelum berangkat dari tempat penginapannya di Jln. Bali Kota Bandung, Minggu (21/2). Kosin telah membela Persib hingga setengah musim dan kembali ke negara asalnya untuk memperkuat timnya, Chonbury FC dan Timnas Thailand.* KRISHNA AHADIYAT/"PR"
BANDUNG, (PR).-
Dengan berat hati Sinthaweechai "Kosin" Hathairattanakool harus kembali ke negaranya, Thailand, setelah memperkuat "Maung Bandung" lebih dari setengah musim. Kosin yang bermain di Persib sebagai pemain pinjaman, kembali lagi ke negaranya, Minggu (21/2) pagi, untuk bergabung dengan tim asalnya, Chonbury FC.

Kepulangan Kosin ke Thailand diiringi puluhan bobotoh yang sejak pagi menunggu dengan setia di depan kamar penginapannya di Jln. Bali, Kota Bandung. Bobotoh remaja yang umumnya didominasi perempuan langsung menyambut Kosin dengan pelukan dan permintaan foto serta tanda tangan begitu kiper kelahiran Sakon Nakhon, 23 Maret 1982, itu keluar kamarnya.

"Suatu saat nanti saya berharap kembali lagi ke Indonesia dan berharap bisa kembali diterima dan membela Persib," kata Kosin sambil berjalan menuju kendaraan yang akan membawanya ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Kosin sedih atas kepergian dirinya ke Thailand karena dukungan suporter fanatik seperti bobotoh tidak akan diperoleh di Thailand. Selain itu, bagi Kosin, Kota Bandung memang sudah seperti rumah sendiri. Kosin mengaku banyak mengalami pengalaman indah di kota kembang ini. Namun, sebagai pemain profesional yang menghormati kontraknya, Kosin mengaku harus kembali ke klubnya.

"Bandung sudah seperti rumah saya. Banyak kenangan indah bersama orang-orang di sini. Tapi, saya harus menghormati kontrak saya bersama klub saya di Thailand. Walau sebenarnya sangat berat meninggalkan banyak sahabat di sini," kata Kosin.

Selain ditemani sejumlah ofisial Persib menuju bandara, Kosin yang mengenakan kaus merah muda, juga ditemani rekan senegaranya Pipat Tonkanya (Persisam Samarinda) yang juga harus pulang ke negara asalnya untuk membela Timnas Thailand. "Terima kasih atas dukungannya, terima kasih untuk semuanya," ujar Kosin sambil berusaha menyambut salam dari beberapa bobotoh yang hadir.

Manajer Persib Umuh Muchtar, meski tidak hadir, sebelumnya sempat mengutarakan rasa sedih karena kehilangan pemain untuk kedua kalinya. Namun, Persib tetap harus melepas Kosin. Umuh berharap, ia dapat kembali membawa Kosin musim depan.

Penyelamatan-penyelamatan gemilang Kosin bersama Persib berakhir setelah pada laga kandang terakhir Kosin mampu mengamankan gawangnya tanpa kebobolan. Selama memperkuat Persib pada musim ini, Kosin mampu mengantarkan "Pangeran Biru" ke posisi lima klasemen sementara dengan nilai 33 poin dan memasukkan 31 gol dan kemasukan 21 gol.

Bobotoh yang juga teman dekat Kosin di Bandung, Maria Siska (26), mengharapkan Kosin bisa terus mengembangkan karier sepak bolanya dan bisa kembali secepatnya untuk memperkuat "Maung Bandung".

"Kosin pernah bilang bahwa ia betah dan sangat senang tinggal di Bandung. Mudah-mudahan Kosin tidak mendapatkan kesulitan dan diperlancar untuk bisa bermain lagi di Indonesia bersama Persib," katanya.

Maria mengungkapkan, dia akan selalu mendukung kemajuan karier sepak bola Kosin di mana pun ia bermain. "Kita ikhlas dan sabar melepas Kosin kembali ke Thailand," tutur Maria.

Selepas kepulangan Kosin ke Thailand, kini keamanan gawang Persib sepenuhnya akan bergantung kepada kecemerlangan Markus Haris Maulana, Cecep Supriatna, dan Dedi Heryanto. Kosin sempat mengutarakan harapannya kepada penjaga gawang Persib agar bisa menggantikan perannya dan bermain jauh lebih baik daripada dirinya sehingga mengantarkan Persib ke tangga juara. (A-190)***

Sumber: PR
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger