Cristian Gonzales Memasuki Masa Sulit

26 December 2009

STRIKER Persib, Cristian Gonzales sedang memasuki masa sulit. Penilaian terhadap seorang striker, bukan sekadar dari penampilan bagus di lapangan bisa lari ke segala arah tanpa lelah, tetapi cukup dari produktivitas gol.

Gonzales yang diharapkan bisa mempertajam lini depan Persib pada kompetisi 2009-2010, ternyata belum bisa berbuat banyak dari sebelas pertandingan yang dimainkan Persib. Pemain berusia 34 tahun ini, baru mencetak satu gol.

Beban Gonzales yang menyandang top scorer empat kali ini, teramat berat. Apalagi, setelah gagal mencetak gol dari penalti ketika melawan Pelita Jaya, dia mulai merasakan dalam masa yang sangat sulit.

Apakah ini pertanda naluri gol Gonzales mulai hilang dimakan usia? Masa sulit yang dialami seorang striker pernah menimpa pemain top dunia. Striker asal Ukraina, Andriy "Sheva" Shevchenko sedang bersinar di Liga Italia bersama AC Milan, langsung redup saat pindah ke Chelsea. Padahal, Sheva dibayar mahal saat pindah ke Chelsea.

Begitu juga dengan striker asal Brasil di Inter Milan, Adriano. Kariernya cemerlang pada awal saja, kemudian tidak lama kemudian menjadi redup hingga sekarang seperti Sheva.

Gonzales butuh dorongan motivasi dari pelatih, pemain, maupun bobotoh, untuk memulihkan kepercayaan dirinya. Akan tetapi, secara teknis di lapangan, pelatih dan pemain di level Liga Super, sudah tahu cara untuk "mematikan" seorang Gonzales. Parahnya lagi, serangan Persib selalu monoton terfokus pada dia, sehingga Gonzales begitu kesulitan mendapatkan bola di dalam kotak penalti. Terkadang, ketika dia dalam posisi bebas di depan gawang, tidak mendapat suplai bola, karena pemain lain lebih egois untuk menendang langsung.

Situasi sekarang sangat tidak menguntungkan bagi seorang Gonzales. Hanya dia yang bisa menjawab kondisi ini. Yang jelas pemain asal Uruguay itu butuh dukungan moril dari semua pihak. Jika tidak bisa memperbaiki diri, mungkin nasib Gonzales bakal sama seperti Sheva dan Adriano. (Irfan Suryadireja/"PR")***

Sumber: PR

By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger