AYO, BUKTIKAN!

23 December 2009

MINIMNYA jumlah gol yang dicetak para striker Persib selama Djarum Liga Super Indonesia (LSI) 2009-2010 bergulir, menjadi tanda tanya besar yang sering ditujukan pada tim ini. Selama sepuluh kali menjalani pertandingan, baik tandang maupun kandang, jajaran lini depan "Pangeran Biru" dinilai belum menunjukkan performa terbaik mereka.

Dari empat striker yang dimiliki Persib, mereka rata-rata baru menjaringkan satu gol. Hilton Moreira menjadi pencetak gol terbanyak dengan dua gol. Cristian Gonzales serta Airlangga Sucipto, masing-masing menjaringkan satu gol, sedangkan Budi Sudarsono belum bisa menjebol gawang siapa pun.

Kebuntuan ini, setidaknya dijanjikan akan diselesaikan oleh Airlangga. Ia berjanji akan mengakhiri musim kering gol Persib saat menghadapi Persema Malang di Stadion Gajayana Malang, Rabu ini.

"Kalau memang saya dipercaya oleh pelatih untuk menggantikan Hilton yang absen, saya akan berjuang habis-habisan. Saya ingin mencetak gol untuk kemenangan Persib di kandang lawan. Bukan hanya satu gol, tapi tiga gol," ujar Airlangga seusai uji coba lapangan, di Stadion Gajayana Malang, Selasa (22/12).

Menurut dia, melihat pertandingan Persema melawan Sriwijaya FC, Minggu (20/12), dirinya yakin bisa memanfaatkan kelemahan lini belakang Persema. Ia memaparkan, saat menghadapi Sriwijaya, Persema sangat memanfaatkan lebar lapang.

Unggulnya kedua sayap Persema sering kali merepotkan pertahanan Sriwijaya. Hal ini juga terjadi di lini pertahanan. Akan tetapi, hal ini menjadi peluang bagi penyerang Persib untuk melakukan penetrasi ke daerah pertahanan Persema.

"Banyak ruang-ruang kosong karena pemain belakang mereka juga sering bermain terbuka. Itu kesempatan bagi penyerang untuk masuk ke jantung pertahanan mereka dan mencetak gol," tutur pemain bernomor punggung sembilan ini.

Ronggo, panggilan Airlangga, mengakui, jika dibandingkan dengan Arema, Persema lebih impresif. Pergerakan pemain Persema sangat cepat, sehingga pertandingan sore ini pun diperkirakan akan lebih berat dibandingkan dengan saat menghadapi Arema. Akan tetapi, menurut dia, jika Persib bisa memenangi pertarungan di lini tengah, suplai bola ke penyerang pun akan lebih banyak.

Sementara itu, Budi Sudarsono juga menyatakan siap untuk membuktikan diri dengan membuat gol. Pada liga musim ini, banyak peluang yang gagal dimanfaatkan oleh striker timnas tersebut. Menurut pemain bernomor punggung 13 ini, dirinya hanya menunggu momen saja untuk bisa membuat gol.

Pelatih Jaya Hartono menilai, Airlangga memang cukup bagus pada latihan dan game internal yang telah digelar. Penampilan Airlangga terus menunjukkan peningkatan. Selain memuji Airlangga, Jaya sempat melontarkan pujian kepada Budi Sudarsono yang baru bergabung setelah absen melawan Arema. "Meski baru bergabung latihan, Budi juga cukup baik. Ia tetap fit meski beberapa hari tidak latihan," kata Jaya.

Jaya mengaku, belum bisa memastikan siapa yang akan tampil saat menghadapi Persema hari ini. Menurut dia, semua pemain siap dan berpeluang untuk main untuk menggantikan Hilton Moreira yang absen akibat sanksi kartu merah.

Persib memang masih memiliki tiga striker andal, yaitu Cristian Gonzales, Budi Sudarsono, dan Airlangga. Tinggal bagaimana kejelian Jaya menerapkan strategi di lini depan untuk menghadapi "Laskar Ken Arok" dan sukses menjawab tanda tanya terkait minimnya jumlah gol yang dilesakkan para strikernya.

Kami tunggu janji golmu ! (Windy Eka Pramudya/"PR")***

Sumber: PR

By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger