Persib Gagal Jinakkan Persipura

30 November 2009 BLK. FACTORY,(GM)-
Persib Bandung gagal menjinakkan juara bertahan Persipura Jayapura pada pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010 di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Minggu (29/11) malam. Dalam pertandingan tersebut, Persib ditaklukkan Persipura 1-0 lewat gol tunggal Alberto "Beto" Goncalves pada menit 47.

Dengan kekalahan itu, Persib gagal meraih poin pertamanya di laga tandang. Dengan mengumpulkan poin 6, Persib melorot ke peringkat 15 klasemen sementara. Sebaliknya kemenangan itu membuat Persipura bisa mematahkan rekor tak pernah kalah Persib dalam 17 laga pada musim lalu. Plus kemenangan dari Persib, Persipura mencatat rekor 18 kali bermain tanpa kalah.

Dalam pertandingan yang disiarkan langsung Anteve itu, pelatih Jaya Hartono menurunkan formasi 3-5-2 dengan materi Shintaveechai "Kosin" Hathairattanakool (kiper), Maman Abdurahman, Nova Arianto, Cristian Rene Martinez (belakang), Gilang Angga Kusumah, Atep, Hariono, Eka Ramdani, Suchao Nuchnum (tengah), Hilton Moreira, dan Cristian Gonzales (depan).

Di awal pertandingan yang berjalan cukup lamban, Persib berada di bawah tekanan Persipura. Namun pada menit 18, Persib sempat mendapatkan peluang ketika Hilton lolos dan mampu mendekati gawang yang dikawal Yandri Pitoy. Namun tendangan Hilton dari sudut sempit masih bisa ditangkap Yandri.

Pada menit 23, giliran Persipura mengancam gawang Persib. Tapi tendangan Beto masih bisa dihalau Kosin. Pada menit 24, tendangan jarak jauh Atep dengan susah payah harus dihalau Yandri.

Setelah itu, para pemain Persib mulai bisa keluar dari tekanan dan berhasil men-delay permainan, sehingga para pemain Persipura ikut bermain lamban. Di tengah permainan lamban yang tengah diperagakan, Persib sesekali melakukan tekanan. Salah satunya dilakukan Suchao pada menit 37. Sayang, tendangan jarak jauh gelandang asal Thailand yang meluncur deras ke sudut kiri gawang bagian atas masih bisa dihalau Yandri dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Di pengujung babak pertama, Persipura mendapatkan kesempatan melakukan tendangan ke gawang. Namun tendangan Ian Louis Kabes masih melambung di atas mistar gawang Kosin. Kedudukan tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Gol cepat

Memasuki babak kedua, Persipura langsung tampil menggebrak. Ketika pertandingan baru berjalan dua menit, juara bertahan akhirnya bisa memecah kebuntuannya melalui aksi Beto. Tendangan keras Beto dari dalam kotak penalti kali ini gagal dihadang Kosin.

Gol itu cukup mengagetkan kubu Persib. Pada menit 51, kapten tim Eka Ramdani mencoba melakukan tendangan jarak jauh. Namun usaha Eka masih belum menemui sasaran. Karena dinilai kurang optimal, pada menit 52, Gonzales ditarik Jaya dan digantikan Budi Sudarsono. Inilah untuk pertama kalinya, "El Loco" ditarik dari lapangan sejak bergabung dengan Persib.

Tiga menit bermain, Budi langsung memberikan kontribusi positif ketika memberikan umpan matang kepada Hilton di kotak penalti. Namun tendangan keras memutar Hilton masih tepat di pelukan Yandri.

Menit ke-57, Hilton terlihat dijatuhkan Jack Komboy di dalam kotak penalti. Namun wasit Setiyono tidak memberikan hukuman penalti. Tentu saja, keputusan wasit yang memberikan hukuman tendangan bebas ini sempat diprotes Hilton.

Persib terus mencoba menyamakan kedudukan. Pada menit 63, tendangan Hilton menyamping disisi kiri gawang Persipura. Menit ke-72, Persib nyaris menyamakan kedudukan, kalau saja tendangan keras Atep tak bisa diblok Yandri. Beberapa saat kemudian, tendangan jarak jauh Maman juga masih menyamping.

Peluang terbaik Persib menyamakan kedudukan kembali datang pada menit 77. Tapi sontekan Budi dari dalam kotak penalti juga masih melambung. Lima menit berselang, tendangan keras Hilton pun diblok Yandri. Belum genap satu menit, Yandri kembali mementahkan tendangan keras Cucu Hidayat yang baru masuk menggantikan Hariono. Yandri juga mementahkan tendangan Cucu pada menit 87.

Usaha keras para pemain Persib untuk menyamakan kedudukan berakhir ketika Setiyono meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Kesal wasit

Usai pertandingan, Pelatih Jaya Hartono yang dihubungi "GM" mengatakan, kunci kekalahan timnya dalam pertandingan ini adalah karena dijauhi keberuntungan. Ia mengatakan, dari sisi strategi, perjuangan dan permainan anak asuhnya sudah cukup bagus.

"Anak-anak sudah cukup berusaha. Kita main pun cukup bagus. Kita memang tidak beruntung. Hanya saja, saya kesal dengan kepemimpinan wasit yang membiarkan pemain Persipura bermain kasar. Satu lagi, wasit juga mestinya menghukum Persipura dengan tendangan penalti ketika Hilton dilanggar Jack Komboy. Pelanggaran itu jelas di dalam kotak penalti," ujar Jaya. (B.82)**

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger