TARGET KALAHKAN TUAN RUMAH

1 October 2009

PERSELA MASIH BUTA KEKUATAN PERSIB BANDUNG

STRIKER Persib asal Brasil Hilton Moreira mengguyur kepalanya dengan air mineral, seusai melakukan latihan di Stadion Gelora 10 Nopember, Tambaksari, Surabaya, Rabu (30/9). Persib akan menghadapi Persela di Stadion Surajaya Lamongan pada babak "8 Besar" Piala Gubernur Jatim, Kamis (1/10) sore.* ANDRI GURNITA/"PR"

SURABAYA, (PR).-
Persib Bandung mengawali babak "Delapan Besar" turnamen Piala Gubernur Jawa Timur, dengan menantang tuan rumah Persela Lamongan pada pertandingan Grup E, Kamis (1/10) sore di Stadion Surajaya. Menghadapi tim asuhan Widodo C. Putro tersebut, pelatih Persib Jaya Hartono tetap menargetkan kemenangan.

"Semua pertandingan yang kita hadapi adalah partai final, yang kemenangannya harus kita rebut," ujar Jaya saat memberikan pengarahan kepada pemain, Selasa (29/9) malam.

Wartawan Pikiran Rakyat, Riesty Yusnilaningsih dan Andri Gurnita melaporkan, secara khusus Jaya menginstruksikan kepada Budi Sudarsono, Dedi Haryanto, Hilton Moreira, serta Irwan Wijasmara untuk menjalani sesi latihan khusus keesokan harinya.

Keempat pemain tersebut kemudian terlihat menyibukkan diri, dengan serangkaian latihan fisik yang dilaksanakan di Stadion Gelora 10 November Surabaya, Rabu (30/9) pagi. Di saat yang bersamaan, rekan mereka hanya melakukan peregangan.

Asisten pelatih Yusuf Bachtiar mengatakan, latihan ini hanya dimaksudkan untuk mengondisikan stamina, kekuatan, dan daya tahan keempat pemain yang hanya sebentar bermain di lapangan, saat laga Persib melawan Persebaya, Selasa (29/9). Hilton yang terkena hukuman. Dedi bahkan sama sekali tidak diturunkan. "Dengan latihan ini, mudah-mudahan mereka bisa mengejar kondisi pemain yang lain," ujar Yusuf.

Yusuf mengatakan, Budi yang pada pertandingan sebelumnya sempat merumput selama kurang lebih lima belas menit, sudah cukup baik kondisinya. Meski demikian, pemain yang baru saja menunaikan ibadah umrah tersebut, masih harus mengejar hingga lima puluh sampai enam puluh persen dari kondisi puncaknya.

Dalam sesi latihan tersebut, Yusuf juga terlihat memberikan perhatian ekstra kepada Irwan. "Saya hanya memberi sedikit masukan sambil mengingatkan beberapa hal yang sering dilupakannya, seperti bagaimana prinsip bermain bola," kata Yusuf.

Menurut dia, kasus tersebut kerap terjadi pada pemain muda seperti Irwan. Apalagi, Irwan sebelumnya lama duduk di bangku cadangan hampir sepanjang Liga Super Indonesia (LSI) 2008-2009, karena cedera yang membekapnya. Oleh karena itu, saat harus kembali bermain di tengah sorotan mata penonton yang banyak, jadinya banyak hal elementer yang sering terlupakan.

Lebih lanjut Yusuf mengatakan, keseimbangan kondisi fisik lima belas pemain yang ada amat dibutuhkan, guna menghadapi babak "Delapan Besar" yang akan sangat menguras tenaga. Persib akan menghadapi tiga pertandingan dalam tiga hari berturut-turut.

Setelah menjajal Persela Kamis (1/10), tanpa waktu istirahat yang panjang Persib kemudian harus meladeni PSBI Blitar Jumat (2/10). Sabtu (3/10), Persib harus bertanding melawan klub LSI lainnya, Persema Malang.

Padatnya jadwal pertandingan, kata Yusuf, membuat pemain lebih rentan terkena cedera. Oleh karena itu, rotasi pemain mutlak dilakukan.

Menghadapi partai melawan Persela nanti, Hilton kembali siap dipasang sebagai striker. Kemungkinan besar, trisula penyerang Hilton, Gonzales, dan Budi akan diuji ketajaman serangannya untuk pertama kali.

Barisan belakang masih akan dikawal Rene, Wildansyah, dan Edi Hafid. Kiper Cecep Supriatna yang pada pertandingan kontra Persebaya, berulang-ulang melakukan penyelamatan gemilang masih akan dipercaya mengawal mistar gawang.

Sementara Atep yang kemarin sempat mengisi posisi ganda, kali ini akan dikembalikan ke pos normalnya sebagai gelandang serang. Munadi, Aji Nurpijal, dan Cucu Hidayat akan menemaninya di lini ini.

Buta kekuatan

Dari kubu Persela, pelatih Widodo C. Putro mengaku sama sekali tidak mengetahui kekuatan Persib saat ini. Namun, baginya bagaimanapun materi pemain yang ada, Persib tetap dianggapnya sebagai tim yang bagus permainannya.

Walaupun berperan sebagai tuan rumah, Widodo tidak akan membebankan target menang pada anak buahnya. "Yang penting mereka berusaha menampilkan permainan yang sebaiknya," kata mantan striker tim nasional yang enggan membocorkan nama pemain yang akan diturunkannya sebagai starter nanti.***


Sumber Berita: Pikiran Rakyat

By: Balad Persib

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger