Persib Hadapi Kendala Benahi Lini Belakang

26 October 2009 BLK. FACTORY,(GM)-
Bergabungnya Maman Abdurahman dan Nova Arianto ke timnas Indonesia membuat pembenahan lini pertahanan Persib Bandung menemui kendala. Padahal pembenahan lini pertahanan merupakan salah satu fokus latihan skuad "Maung Bandung" mendatang.

"Itu memang sedikit mengganggu persiapan kita. Di satu sisi kita harus mematangkan kerja sama dan komunikasi di lini belakang, sementara dua pemain inti tidak ada," ujar asisten pelatih Persib Bandung, Robby Darwis kepada wartawan, Minggu (25/10).

Setelah sepekan difokuskan pada fisik pemain, latihan Persib Bandung kembali akan mulai membenahi lini pertahanan. Lini pertahahan masih dianggap penyakit yang sering kali kambuh.

"Kita memang belum bisa menghapus penyakit di lini belakang. Hal paling utama, yaitu lemahnya konsentrasi dalam mengamankan area kotak penalti. Yang lebih parah, beberapa pemain masih suka melakukan blunder hingga berbuah fatal bagi tim," ujarnya.

Untuk itu, legenda hidup Persib ini berharap, Maman dan Nova bisa langsung menyesuaikan diri ketika kembali bergabung di Persib. Mereka mesti langsung mengetahui setiap detail perkembangan di tim termasuk dalam hal skema permainan.

"Tentu saja, Maman dan Nova yang harus cepat tanggap dengan setiap hal baru yang ada di sini. Saya yakin mereka mampu bersikap profesional," sambung Robby.

Menurutnya, prinsip-prinsip dasar pertahanan akan kembali ditekankan pada seluruh pemain bertahan. Semua pemain bertahan harus mengetahui hal tersebut. Sehingga lini pertahanan tidak lagi menjadi kambing hitam kekalahan yang diderita Persib.

"Makanya kita akan fokuskan mereka agar mampu mengatasi setiap alur serangan, baik melalui umpan-umpan lambung mau pun melalui aksi individu pemain lawan yang mengandalkan kecepatan," tandas Robby.

Pada dua laga tandang Persib sebelumnya, lini pertahanan memang dituding sebagai penyebab kekalahan Persib. Rekor kebobolan 4 gol dalam dua pertandingan, memang jadi catatan buruk tersendiri.

Salah satu penyebabnya, kehadiran stoper Christian Rene Martinez belum menunjukkan kualitasnya. Seperti saat ditaklukkan PSM Makassar, pemain asal Paraguay itu melakukan sebuah kesalahan fatal hingga memudahkan striker tim "Juku Eja", Christian Carasco dalam mencetak gol. (B.98)**

Sumber Berita: Galamedia
By: Balad Persib

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger