Persib Rekrut 'Guru Besar' Pelatih Indonesia Dampingi Djanur

2 January 2015 VIVAbola - Pencarian Persib Bandung akan sosok pelatih pendamping Djadjang Nurdjaman segera berakhir. Adalah Emral Ambus, Instruktur Pelatih PSSI yang diumumkan manajemen bakal ditunjuk memimpin Persib saat berkompetisi di Liga Champions Asia (LCA) 2015.

Meski tak pernah menangani klub di pentas Indonesia Super League (ISL), namun dia sudah mengantongi lisensi A AFC. Emral merupakan sosok yang selama ini di kalangan pelatih lokal dianggap sebagai 'Guru Besar' karena kerap ditunjuk PSSI memberikan materi dalam setiap pelaksanaan kursus kepelatihan lisensi A AFC.

Sejumlah pelatih kenamaan di Indonesia, seperti mantan pelatih timnas U-19, Indra Sjafri pernah jadi muridnya. Begitupun dengan Djanur yang juga diketahui cukup dekat dengan sang 'Guru Besar'.

Selain itu Emral juga dikenal sebagai akademisi karena masih aktif mengajar di ruang kuliah Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Universitas Negeri Padang (UNP). Dengan segala gelar akademis dan lisensi kepelatihan yang dimilikinya Emral dinilai cocok dan direkomendasikan Djanur kepada manajemen untuk mendampinginya.

"Semuanya sudah kita bicarakan dengan jajaran pengurus di PT PBB maupun Djadjang sendiri. Semuanya menyatakan tak masalah karena ini juga berdasarkan masukan dari Djadjang. Jadi Emral Abus sudah pasti akan menjadi pendamping Djadjang di Liga Champions," papar Manajer Umuh Muchtar.

Djanur sendiri membenarkan jika dirinya yang merekomendasikan Emral. Selain sudah memiliki lisensi A AFC, alasannya, Emral juga sudah cukup dikenalnya dan bisa diajak kerja sama. Meski begitu, kabarnya penunjukan Emral Ambus juga tak lepas dari 'pertolongan' PSSI terhadap Persib agar tetap bisa tampil di LCA.

Sebelumnya Maung Bandung terancam kehilangan haknya tampil di LCA karena lisensi kepelatihan yang dimiliki Djanur tak memenuhir syarat. "Saat saya sampaikan keinginan tim, dia menyatakan setuju, lalu saya sampaikan ke manajemen dan sepakat. Sekarang tinggal teken kontrak saja," pungkasnya.

Sebelum mengumumkan nama Emral Ambus, Persib sempat mempertimbangkan merekrut Nandar Iskandar, Deny Syamsudin dan Danurwindo. Namun, ketiganya batal dikontrak karena beberapa alasan. Seperti Danur yang tak dikontrak karena lisensi kepelatihannya ternyata tak memenuhi syarat minimal yang ditetapkan AFC.


By: Fikri

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger