Kiper Muda Binaan Tunggu Kesempatan

1 July 2011 BLK. FACTORY,(GM)-
Selain keharusan merekrut penjaga gawang kelas satu untuk mendukung target juara, Persib Bandung pun sudah saatnya memikirkan regenerasi kiper. Sebab setelah era Cecep Supriyatna, praktis tidak ada kiper muda yang terlihat secara serius dipersiapkan manajemen klub Persib.

"Persib harus mencontoh tim-tim dari Jawa Timur yang selalu memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada talenta mudanya, termasuk untuk posisi penjaga gawang," kata mantan penjaga gawang Persib, Agus Ata ketika dihubungi "GM", Kamis (30/6).

Dikatakan pelatih kiper Bandung FC ini, Persib juga memiliki banyak potensi penjaga gawang muda yang sayang kalau tidak dimanfaatkan.

"Pada awalnya, memang selalu ada rasa pesimis dan tidak percaya dengan kemampuan pemain muda. Tapi kalau tidak dibina dan diberi kepercayakan, kapan Persib mau memiliki kiper tangguh yang akan meneruskan generasi Cecep," tandasnya.

Dari sekian banyak penjaga gawang muda yang dibina klub-klub anggota Pengcab PSSI Kota Bandung, Agus Ata menyebut dua penjaga gawang Persib U-21, Rizky Subagja dan Muhammad "Deden" Natsir pantas diberi kesempatan untuk dibina dan ditempa bersama tim senior. "Secara teknis, keduanya cukup baik. Mereka hanya butuh sedikit polesan, kepercayaan, dan jam terbang dari pelatih dan pengurus Persib," katanya.

Di luar nama Bagja dan Deden, Agus Ata juga menyebut nama mantan kiper Persib U-21 lainnya, Cecep Sukandar dan Jajang Guruh Permana.

Dedi Heryanto

Berdasarkan catatan "GM", upaya untuk mengorbitkan penjaga gawang muda pernah dilakukan pelatih Jaya Hartono ketika merekrut kiper U-21, Dedi Heryanto pada Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010. Namun meski sempat disebut-sebut sebagai penjaga gawang masa depan Persib, Dedi akhirnya terdepak di awal LSI 2010/2011 hanya gara-gara kebobolan 6 gol pada pertandingan pramusim melawan Sriwijaya FC, yang tidak semuanya akibat kesalahannya.

Mantan penjaga gawang Persib lainnya, Gatot Prasetyo mengatakan, untuk mengatasi regenerasi kiper di Persib, manajemen klub bisa melanjutkan kembali program pengorbitan Dedi yang pada musim lalu sudah berkostum Persiku Kudus. "Saya pikir, kenapa Persib tidak melanjutkan Dedi," tegasnya.

Di luar Bagja, Deden, Cecep, Jajang, dan Dedi, Persib juga sebenarnya pernah membina Andritany Ardhiyasa, kiper muda yang terus "dipelihara" pelatih Rahmad Darmawan, baik ketika menangani Sriwijaya FC maupun Persija Jakarta. Andritany merupakan salah seorang penjaga gawang Persib U-18 ketika menjuarai Piala Suratin 2006. (B.82)**

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger