Munadi Harus Jalani Operasi

26 January 2011 STD. SILIWANGI,(GM)-
Setelah mendapatkan second opinion (pendapat kedua, red) dari dokter ahli di Bandung, dokter tim Persib, dr. Rafi Ghani akhirnya mengeluarkan rekomendasi keharusan Munadi naik ke meja operasi untuk menyembuhkan cedera ligamen yang dialaminya. Cedera lutut kanan itu dialami Munadi pada saat mengikuti seleksi pembentukan timnas U-23 di Jakarta, pekan lalu.

"Ada satu robekan di ligamen Munadi. Berdasarkan second opinion itu, saya rekomendasikan agar Munadi naik ke meja operasi," kata Rafi usai sesi latihan pagi di Stadion Siliwangi, Selasa (25/1).

Sebelum mengeluarkan rekomendasi harus operasi untuk Munadi, Rafi merasa perlu meminta second opinion karena berdasarkan hasil MRI, dokter timnas sempat menyatakan penyembuhan cedera Munadi tidak harus melalui operasi. "Tapi, waktu saya minta pernyataan tertulis, dokter timnas tidak berani memberikan garansi," jelas Rafi.

Kendati sudah mengeluarkan rekomendasi harus masuk ke meja operasi, Rafi menyerahkan keputusan akhir kepada Munadi. "Sekarang, keputusan ada di tangan pemain bersangkutan. Bersedia atau tidak dioperasi," kata Rafi.

Ketika ditanyakan apakah Munadi bisa sembuh hanya dengan melakukan terapi tanpa operasi, Rafi mengatakan bisa saja. "Hanya saja ada risiko yang dihadapi Munadi. Terutama kemungkinan kambuh dan nantinya rentan cedera lagi. Karena itu, saya pribadi tetap akan menyarankan Munadi tetap operasi," katanya.

Jejen dan Nova

Selain Munadi, ada dua pemain Persib lainnya yang masuk dalam daftar cedera. Mereka adalah Nova Arianto dan Jejen Zaenal Abidin. Untuk mengetahui kondisi cedera lutut yang dialaminya sejak masa pemusatan latihan di Indramayu, Jejen sudah melakukan pemeriksaan MRI pada Selasa (25/1). "MRI untuk Jejen sudah. Tapi hasilnya belum diketahui. Mungkin dalam beberapa hari ke depan," kata Rafi.

Berbeda dengan Munadi dan Jejen yang absen pada sesi latihan perdana untuk menghadapi tur Papua, Nova tetap hadir di Stadion Siliwangi. Namun bek bernomor punggung 30 ini hanya berlatih ringan di pinggir lapangan. "Kalau Nova hanya membutuhkan fisioterapi saja," ujar Rafi. (B.82)**

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger