Konflik Persib Bisa Pengaruhi Kepercayaan Investor

29 November 2010 BLK. FACTORY,(GM)-
Konflik internal yang berkepanjangan dikhawatirkan berbuntut hilangnya kepercayaan pihak swasta yang telah mau menyisihkan anggarannya untuk Persib Bandung. Buntutnya, Persib dikhawatirkan kembali kesulitan memperoleh dana di musim mendatang.

"Konflik tentu akan memengaruhi kepercayaan pihak luar untuk memberikan donasi atau investasinya ke Persib. Karena kepercayaan merupakan salah satu faktor penting bagi pihak luar terhadap Persib," ujar pengamat ekonomi Universitas Padjadjaran Bandung, Prof. Rina Indiastuti kepada "GM", Minggu (28/11).

Menurut Rina, kepercayaan itu akan muncul jika Persib dianggap sebagai organisasi yang sehat dan akuntabel. Organisasi dianggap sehat salah satunya jika tujuan organisasi bisa dilaksanakan dengan baik. Selain itu, dari sisi keuangan, bisa dipertanggungjawabkan dengan akuntabel dan transparan. Dan tentunya yang tak kalah penting adalah menghindari konflik internal. "Itu harus dilakukan Persib jika ingin menjadi organisasi yang mandiri," katanya.

Rina mengatakan, dalam organisasi, konflik biasanya terjadi karena tidak adanya transparansi di tubuh organisasi. Akibatnya, setiap orang saling curiga. Dampaknya, roda organisasi tidak berjalan baik.

"Karena tidak ada rasa saling percaya maka organisasi seperti Persib sulit berkembang. Olah karenanya konflik harus segera diselesaikan. Apa pun bentuk konfliknya," tutur Guru Besar Ekonomi Unpad ini.

Saat ini, lanjut Rina, Persib sebenarnya sudah cukup baik. Terbukti banyak pihak mau mendonasikan dan mengivestasikan dananya ke Persib. Itu menunjukkan Persib bisa dipercaya pihak lain. "Tetapi jika itu tidak dijaga maka akan menyulitkan Persib sendiri," tegasnya. (B.98)**

Sumber: Galamedia
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger