Panpel Persib Dipanggil Komdis

29 March 2010 BANDUNG, TRIBUN - Panitia Pertandingan (Panpel) Persib dipanggil Komisi Disiplin (Komdis) PSSI pada 1 April mendatang, terkait dengan melubernya penonton saat Persib menjamu Arema Indonesia, Minggu (14/3). Surat pemanggilan baru diterima pihak Panpel pada Senin (29/3).

Menurut Sekretaris Panpel, Budi Bram Rachman, dalam surat pemanggilan tersebut Komdis meminta klarifikasi mengenai beberapa insiden yang terjadi saat pertandingan berlangsung. "Salah satunya meminta penjelasan mengenai melubernya penonton hingga turun ke area pinggir lapangan. Kami siap memenuhi panggilan tersebut dan siap memberikan penjelasan yang mendetail mengenai hal itu," katanya kepada wartawan di Sekretariat Panpel, Senin (29/3) sore.

Bram mengatakan, dalam pertandingan tersebut jumlah penonton membeludak karena saat itu bertepatan dengan HUT ke-77 Persib. "Membeludaknya jumlah penonton karena pertandingan tersebut merupakan big match karena Persib menghadapi pemuncak klasmen, Arema Indonesia. Selain itu, pertandingan bersamaan dengan hari ulang tahun ke-77 Persib sehingga cukup beralasan jika bobotoh ingin menyaksikan langsung pertandingan tersebut di stadion," katanya.

Bram menegaskan bahwa melubernya penonton ke pinggir lapangan masih dalam status terkendali. Pasalnya, aparat keamanan masih bisa menahan penonton di luar garis settel bench dan masih dalam area aman karena berada di belakang papan iklan.

Jarak antara papan iklan dan garis lapangan sendiri terbilang cukup jauh, yaitu 5-10 meter. "Meski meluber, penonton masih cukup terkendali dan masih berada dalam jarak yang cukup jauh dari garis lapangan sehingga jalannya pertandingan tidak terganggu," katanya.

Komdis sendiri memang dalam beberapa kasus serupa memberikan sanksi tegas kepada panpel dan tim tuan rumah. Selain denda, Komdis pun memberikan sanksi satu kali pertandingan home tanpa penonton seperti kasus Arema atau memindahkan satu kali pertandingan home ke tempat netral seperti kasus PSM Makassar.

Jika Komdis memutuskan sanksi seperti itu, ini sebuah kerugian bagi Persib yang tengah memburu kemenangan demi kemenangan. Apalagi lima pertandingan terakhir Persib musim ini dilakukan di kandang. Jika salah satunya kena sanksi, perjalanan Persib ke tangga juara akan terhambat.

"Kami akan memberikan keterangan sejelas mungkin dan juga akan menjelaskan secara detail kenapa hal tersebut terjadi. Kami berharap PSSI bisa memahaminya dan tidak memberikan sanksi kepada Panpel dan juga kepada Persib," kata Bram.

Sumber: Tribun
By: BP

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Persib Online
Powered by Blogger